Simulasi Pinjaman di Pegadaian, Bunga,Angsuran dan Sistem Jatuh Tempo

Diposting pada

Simulasi Pinjaman di Pegadaian- Saat Anda membutuhkan dana mendesak, Pegadaian bisa menjadi alternatif terbaiknya. Oleh karena syaratnya mudah, prosesnya cepat dan bunganya relatif terjangkau.

Anda bisa memilih cara pembiayaan konvensional atau syariah.  Nah, berikut ini adalah simulasi pinjaman di Pegadaian, bunga,angsuran dan sistem jatuh tempo bila Anda menggunakan skema konvensional.

Advertisements
  1. Biaya Administrasi

Pegadaian membuat delapan golongan untuk menentukan biaya administrasinya. Golongan tersebut tergantung dari nominal pinjamannya, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 20,1 juta dengan biaya administrasi antara Rp 2.000 sampai Rp 100.000. Sebagai contoh Anda menggadai barang dengan nilai pinjaman Rp 1.000.000 maka akan dikenai biaya administrasi hanya Rp 8.000.

  1. Bunga

Ketentuan untuk bunga pinjaman di Pegadaian terbagi atas empat golongan. Bunga ini berlaku untuk hitungan selama 15 hari. Besaran bunga mulai dari 0,75 – 1,15 persen dengan nilai terkecil pinjaman sebesar Rp 50.000 hingga Rp 20 juta. hitung simulasinya langsung https://digital.pegadaian.co.id/

Sebagai contoh Anda menggadai barang dengan nilai gadai Rp 1.000.000. Jadi  Anda akan dikenakan bunga sebesar 1,15 berlaku setiap 15 hari masa pinjaman atau senilai Rp 11.500.

Simulasi Pinjaman di Pegadaian, Bunga,Angsuran dan Sistem Jatuh Tempo

  1. Angsuran

Sebelum memasuki tanggal jatuh tempo, nasabah diperbolehkan untuk mengangsur pinjamannya. Dengan begitu, secara otomatis besaran uang pinjaman akan dikurangi nilai angsurannya. Sebagai contoh Anda memiliki pinjaman sebesar 1 juta tapi sebelum jatuh tempo sudah mencicil 200 ribu maka tanggungannya tinggal 800 ribu saja.

Begitu seterusnya sehingga cara ini akan meringankan nasabah saat pelunasan pinjaman saat sudah jatuh tempo. Sangat mudah, bukan? Simulasi pinjaman di Pegadaian, bunga,angsuran dan sistem jatuh tempo.

  1. Sistem jatuh tempo

Pegadaian memberikan jangka waktu tempo selama 120 hari atau empat bulan. Jadi bila sudah melewati tanggal tersebut tetapi nasabah belum melakukan pelunasan maka secara otomatis barang yang digadai akan dilelang oleh Pegadaian.

Keluwesan pelunasan itu pun diberikan agar nasabah tidak kehilangan barang berharganya. Caranya dengan membayar bunga selama 120 hari dan Pegadaian akan memperpanjang tanggal jatuh temponya selama empat bulan ke depan. Baca Cara Investasi Emas Antam di Pegadaian

Sebagai contoh Anda memiliki tanggungan pinjaman sebanyak 1 juta dan akan akan memperpanjang jatuh temponya maka diwajibkan membayar bunga selama empat bulan sebelumnya. Besaran bunga yang harus dibayar adalah Rp 11.500 dikalikan 8 dengan total Rp 92.000. Dengan pembayaran tersebut maka Anda bisa lebih tenang karena diberikan perpanjangan waktu lagi untuk melunasi barang yang sudah digadaikan.

Nah, itulah simulasi pinjaman di Pegadaian, bunga,angsuran dan sistem jatuh tempo yang bisa menjadi panduan bagi Anda yang membutuhkan jasa dari lembaga keuangan pemerintah tersebut. Bunga yang ditetapkan Pegadaian relatif rendah dengan cara pelunasan yang lebih fleksibel. Hal inilah yang menyebabkan Pegadaian tetap menjadi solusi terbaik atas kebutuhan finansial.

Advertisements

Berbagai Cara Pembayaran di Pegadaian Selain Datang ke Kantor Cabang

Era digital menuntut Pegadaian untuk senantiasa berinovasi, salah satunya untuk cara pembayarannya. Dengan begitu, nasabah tidak perlu repot kalau akan membayar cicilan, perpanjangan atau pelunasan biaya gadainya. Nah, inilah cara pembayaran di Pegadaian selain datang ke kantor cabang yang bisa menjadi pilihan lebih praktis dan cepat.

  1. Pembayaran Melalui Teller Bank

Anda bisa melakukan pelunasan atau membayar cicilan jaminan gadai dan produk Pegadaian lain melalui teller bank. Jadi Anda bisa mendatangi kantor cabang bank terdekat agar secepatnya bisa melunasinya.

Beberapa bank yang bekerjasama dengan Pegadaian adalah BCA, BNI, BRI dan Mandiri. Cara ini diberikan oleh Pegadaian sebagai solusi kalau kantor cabangnya relatif jauh dari nasabah. Dengan membayar di kantor bank terdekat maka bisa memenuhi kewajiban sebagai nasabah dan memastikan tidak melanggar aturan jatuh temponya. Baca Kredit Pinjaman Pegadaian Jaminan Sertifikat

  1. Pembayaran via ATM dan Internet Banking

Prosedur pembayaran ini sangat mudah sama halnya Anda melakukan transaksi transfer uang ke bank lain. Anda tinggal mengikuti menu yang ditawarkan setiap bank dan pastikan sudah menyimpan kode pembayaran angsuran atau cicilannya.

Selanjutnya memasukkan uang tagihannya dan setelah itu jangan lupa menyimpan struknya sebagai bukti resmi pembayarannya. Anda bisa menggunakan layanan internet banking, SMS banking dan mobile banking untuk urusan pembayaran di Pegadaian.

Cara menggunakan layanan ini sangat mudah sama halnya ketika Anda melakukan pembayaran produk lainnya. Anda bisa mengikuti petunjuk yang diberikan dalam aplikasi tersebut.

  1. Aplikasi Pegadian Online

Demi memudahkan para nasabahnya dalam pengajuan gadai, membayar segala cicilian, pelunasan dan kebutuhan lainnya maka pihak Pegadaian meluncurkan aplikasi online yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pegadaiandigital

Dengan aplikasi ini maka Anda tidak perlu lagi datang ke kantor Pegadaian tempat Anda menggadaikan barang berharga. Jadi cukup mengakses layanan tersebut dan membayar semua tanggungannya. Cara pembayaran di Pegadaian selain datang ke kantor cabang pastinya sangat digemari nasabah.

Bagaimana agar Anda bisa menggunakan aplikasi Pegadaian online? Caranya sangat mudah dan cepat dengan mendaftarkan diri atau membuat akun. Selanjutnya tinggal melakukan aktivasi di teller Pegadaian terdekat. Baca Ketahui Harga Koin Emas Pegadaian

Sesudah itu Anda bisa memanfaatkan aplikasi untuk segala keperluan yang berhubungan dengan produk dan layanan Pegadaian. Tentunya dengan cara yang tidak ribet, sangat praktis dan cepat. Anda pun tidak harus terjebak kemacetan dan mengantre untuk melakukan berbagai pembayaran seperti kalau menempuh cara konvensional.

Nah, itulah beberapa pilihan cara pembayaran di Pegadaian selain datang ke kantor cabang yang bisa menjadi alternatif. Penting untuk selalu memerhatikan tanggal jatuh tempo gadai agar barang berharga Anda tidak dilelang oleh pihak Pegadaian. Dengan kemudahan dan pilihan tempat pembayaran tentunya akan mencegah kondisi tersebut.

Advertisements

Tinggalkan Balasan