Mengatasi Mesin EDC Mandiri Tidak Bisa Settlement

Diposting pada

Mesin EDC Mandiri Settlement – Penggunaan mesin EDC Mandiri berfungsi untuk menerima pembayaran dari berbagai barang yang dijual oleh merchant menggunakan rekening mandiri. Jika anda sering berbelanja, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan mesin EDC ini. Sebenarnya mesin EDC ini tidak hanya ada dari bank Mandiri.

Semua bank memiliki mesin EDC masing-masing dan bisa menerima pembayaran dari berbagai kartu. Walaupun bukan dari kartu rekening bank tersebut, bisa diterima pembayaran hanya saja akan dikenakan charge sehingga pembayaran menjadi lebih mahal.

Anda yang menggunakan kartu Mandiri tentunya ingin melakukan pembayaran dengan mesin EDC Mandiri saja bukan? Begitu juga anda yang merupakan pemilik merchant dengan rekening Mandiri, pastinya lebih mudah jika langsung menggunakan mesin EDC Mandiri.

Saat anda akan menggunakan mesin EDC Mandiri untuk melakukan pembayaran, maka anda telah menggunakan fungsi settlement pada mesin. Fungsi settlement ini artinya adalah perintah bayar dari kartu ke rekening pemilik mesin EDC Mandiri tersebut. Jadi saat dimasukkan sejumlah harga pembelian dan pembeli mengonfirmasi dengan PIN, maka uang akan masuk ke rekening pemilik merchant segera setelah transaksi berhasil dilakukan.

Namun settlement tidak dilakukan setiap selesai transaksi. Settlement dilakukan dari semua total transaksi. Jadi biasanya hanya dilakukan satu kali dalam sehari, setelah toko tutup. Bagaimana ketika mendadak mesin EDC Mandiri anda tidak bisa settlement? Tentu anda harus mengatasi mesin EDC Mandiri tidak bisa settlement ini  sesegera mungkin. Ingin tahu cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini. Baca Cara Menggunakan Mandiri Mobile Android Panduan Lengkap

Advertisements

Langkah Mengatasi Mesin EDC Mandiri Tidak Bisa Settlement

Seperti yang dijelaskan pada bagian di atas, mesin EDC Mandiri bisa anda gunakan untuk menerima pembayaran. Pembayaran akan diproses masuk ke rekening anda setiap harinya dan akan menerima total pembayaran dari semua transaksi di hari tersebut.

Jadi penting untuk mengetahui bagaimana cara melakukan settlement dan mengatasinya jika bermasalah. Terlebih dahulu sudah tahukah anda bagaimana cara melakukan settlement? Jika belum, berikut ini informasinya:

Advertisements
  • Anda bisa melakukan settlement dengan memulai menekan tombol menu
  • Setelah menekan tombol menu, anda bisa masuk ke menu function
  • Tekan OK
  • Pada menu function akan muncul menu lainnya, pilih menu settlement
  • Tekan OK
  • Mesin EDC akan meminta password, masukkan password mesin anda
  • Tekan OK
  • Akan muncul nilai total transaksi anda, silahkan periksa terlebih dahulu
  • Jika sudah sama, tekan OK
  • Settlement yang berhasil dilakukan akan mengeluarkan kertas prin dari mesin EDC

Saat anda melakukan cara di atas dan ternyata mesin EDC Mandiri tetap tidak bisa settlement cobalah lakukan beberapa solusi di bawah ini. Semoga langkah-langkah berikut bisa mengatasi mesin EDC Mandiri tidak bisa settlement dan segera anda bisa segera menerima pembayaran. Selamat mencoba cara berikut ini. Baca Cara Mudah Menonaktifkan SMS Bangking Mandiri Via ATM

  1. Periksa Jaringan Mesin EDC

Anda bisa melakukan pemeriksaan jaringan, ketika menemukan settlement tidak berhasil dilakukan. Biasanya memang penyebab dari settlement tidak bisa dilakukan adalah karena jaringan yang bermasalah.

Jadi cobalah lakukan beberapa tindakan untuk memastikan bahwa jaringan mesin anda tidak mengalami masalah. Misalnya, anda bisa memeriksa jaringan dengan test signal yang tersedia pada menu. Jika dipastikan tidak ada masalah dengan jaringan, cobalah melakukan settlement sekali lagi.

  1. Hubungi Call Center Mandiri

Saat tidak ada masalah dengan jaringan dan anda masih tidak bisa melakukan settlement, maka cobalah anda hubungi call center Mandiri di 14000. Hubungi nomor tersebut dan ikuti instruksi untuk bisa berkomunikasi dengan customer service.

Sampaikan masalah anda trkait mesin EDC Mandiri yang tidak bisa settlement. Pihak bank akan menanyakan nomor rekening anda dan kode mesin, jadi siapkan semua informasi yang dibutuhkan. Setelah informasi terverifikasi, pihak bank akan membantu anda melakukan settlement.

Demikianlah penjelasan mengenai apa saja langkah mengatasi mesin EDC Mandiri tidak bisa settlement. Semoga informasi yang diberikan di atas sesuai dengan kebutuhan anda dan bisa mengatasi masalah anda dalam hal menerima pembayaran. Baca 5 Penyebab Mesin EDC Mandiri Bermasalah Sering Eror

Jadi sekarang merchant anda bisa berjalan normal dan tidak khawatir lagi dalam menerima pembayaran dengan mesin EDC Mandiri. Penggunaan mesin EDC Mandiri ini sangat penting karena lama kelamaan akan semakin banyak pembayaran non tunai daripada pembayaran tunai. Jadi segera lakukan cara mengatasi masalah di mesin EDC Mandiri anda sekarang juga!

Tinggalkan Balasan