Mengatasi Mesin EDC Bank Mandiri Tidak Bisa Settlement

Diposting pada

Proses pembayaran di zaman yang semakin maju secara teknologi menyebabkan uang tunai bukan lagi menjadi pilihan utama. Uang tunai membutuhkan keamanan yang tinggi jika harus dibawa ke mana anda akan berbelanja.

Belum lagi uang tunai akan memakan tempat penyimpanan di tas jika jumlahnya banyak. Itulah sebabnya dengan kemudahan pembayaran menggunakan kartu, uang tunai menjadi tidak begitu penting lagi.

Asalkan anda memiliki kartu debit atau kredit dan berbelanja di toko yang memiliki mesin EDC, maka pembayaran apapun bisa dilakukan. Jenis pembayaran menggunakan kartu ini ditawarkan oleh semua bank yang beroperasi di Indonesia dan luar negeri. Sehingga menggunakan kartu untuk berbagai transaksi menjadi pilihan utama sekarang ini.

Sayangnya, tidak semua orang sudah terbiasa menggunakan pembayaran dengan kartu ini. Tidak hanya itu saja, tidak semua toko dan tempat penjualan yang sudah memiliki mesin EDC. Namun beberapa bank besar seperti Mandiri sudah bisa ditemukan mesin EDC nya di berbagai lokasi.

Mesin EDC Mandiri menjadi salah satu mesin yang paling banyak ditemukan di berbagai merchant untuk pembayaran non tunai. Jadi anda pemilik rekening bank Mandiri, silahkan anda coba gunakan mesin EDC Mandiri untuk berbagai jenis pembayaran.

Advertisements

Mengatasi Mesin EDC Bank Mandiri Tidak Bisa Settlement

Mesin EDC Mandiri yang digunakan untuk berbagai jenis pembayaran ternyata walau sangat membantu untuk pembeli, cukup menyulitkan untuk para penjual. Seringkali mesin EDC Mandiri mengalami masalah. Khususnya untuk akhir transaksi setiap harinya saat merchant harus melakukan settlement.

Ada masalah yang sering ditemukan di mana akhir transaksi setiap hari tidak bisa settlement. Jika tidak bisa settlement, maka sejumlah transaksi yang telah dilakukan dalam satu hari ini tidak bisa diterima oleh penjual. Baca Cara Membuka Blokir Mandiri Online Dari Rumah

Uang pembelian tidak bisa masuk ke rekening penjual dan menyebabkan masalah jika settlement tidak bisa dilakukan. Masalah ini harus segera diatasi, namun bagaimana cara mengatasi mesin EDC Mandiri tidak bisa settlement? Silahkan simak penjelasan di bawah ini untuk mempelajari berbagai caranya.

Cara Mengatasi Mesin EDC Mandiri Tidak Bisa Settlement

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mesin EDC Mandiri seringkali mengalami masalah tidak bisa settlement. Masalah tersebut membuat penjual akan merugi karena sama saja pembayaran yang dilakukan nasabah tidak bisa masuk ke rekening penjual.

Advertisements

Jadi memang masalah mesin EDC tidak bisa settlement ini harus segera diatasi. Jika anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya, silahkan coba simak pembahasannya pada bagian di bawah ini. Baca 2 Cara Mengaktifkan Mobile Banking Mandiri Terblokir

  • Lakukan Cara Settlement Biasa Dahulu

Anda bisa terlebih dahulu melakukan cara settlement biasa di mesin EDC Mandiri untuk akhir transaksi setiap hari. Cara biasa settlement adalah dengan memilih menu function dan pilih kembali menu settlement. Anda akan diminta memasukkan password. Password settlement adalah 1400. Setelah selesai tekan tombol hijau dan settlement akan selesai.

  • Jika Bermasalah, Lakukan Restart

Namun ketika settlement tidak berhasil dilakukan, anda harus melakukan cara untuk mengatasinya. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan restart. Restart dapat dilakukan dengan memilih menu function dan pilih menu ketiga yaitu restart. Kemudian anda bisa menunggu hingga restart selesai dilakukan yaitu mesin telah mati dan nyala kembali.

  • Cek Kembali Jaringan Mesin EDC Mandiri

Setelah mesin kembali menyala, anda bisa memulai dengan melihat koneksi jaringan. Biasanya mesin EDC disambungkan pada sinyal telepon. Periksa sinyal telepon untuk mengetahui apakah tersambung atau tidak. Jika tidak ada masalah dengan jaringan setelah settlement, maka anda bisa mencoba melakukan settlement kembali.

  • Lakukan Settlement Kembali

Mulai kembali cara settlement seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Pastikan tidak ada langkah yang salah dan tunggu hingga muncul bukti settlement selesai dari mesin. Setelah berhasil keluar bukti settlement, maka pembayaran yang dilakukan melalui mesin EDC mandiri ini akan segera masuk ke rekening anda.

Itulah tadi penjelasan mengenai bagaimana cara mengatasi mesin EDC Mandiri tidak bisa settlement. Ternyata cukup rumit juga ya untuk bisa menyelesaikan masalah settlement di mesin EDC Mandiri ini. Baca Berapa Biaya Sms Banking Mandiri Per Bulan

Jadi pelajari dengan hati-hati dan segera lakukan upaya untuk menyelesaikan masalah tidak bisa settlement di mesin EDC Mandiri. Semoga dengan ini sebagai penjual tidak ada lagi masalah dalam menerima uang pembelian dari pembeli dan tidak ada masalah keuangan lagi.

Tinggalkan Balasan