Cara Mudah Restart Mesin EDC Mandiri

Diposting pada

Pernahkah anda melihat suatu alat yang banyak terdapat di kasir dan digunakan untuk pembayaran non tunai menggunakan kartu? Alat ini dinamakan sebagai mesin EDC (Electronic Data Captured). Berbagai manfaat bisa didapatkan dari penggunaan mesin ini oleh para merchant.

Tidak hanya bisa memproses pembayaran non tunai, mesin EDC pun bisa digunakan untuk penarikan tunai di beberapa merchant. Kemudahan dari mesin EDC ini memang mendukung sekali budaya cashless yang terus digaungkan di masyarakat saat ini. Tidak membawa uang tunai dalam jumlah besar memang sangat ideal.

Jadi anda tidak perlu khawatir dengan resiko uang hilang dan pencurian.
Namun walau sudah menggunakan mesin EDC Mandiri, ternyata tidak lantas kemudahan hanya mendatangkan keuntungan bagi nasabah. Mesin EDC bisa juga mengalami eror sewaktu-waktu. Eror pada mesin EDC ini akan menyebabkan kerugian bagi anda.

Saat mesin EDC mengalami eror, maka yang perlu anda lakukan adalah segera melakukan restart pada mesin EDC tersebut. Restart adalah upaya untuk membantu mesin kembali berfungsi dengan mematikan dahulu baru menyalakannya kembali. Namun cara untuk restart mesin EDC ini mungkin berbeda-beda bergantung jenis mesinnya. Dalam hal mesin EDC dari Mandiri, maka cara restart yang bisa dilakukan akan dijelaskan pada bagian berikut.

Cara Mudah Restart Mesin EDC Mandiri

Apakah anda salah satu nasabah atau merchant yang menggunakan mesin EDC Mandiri? Jika iya, maka pastikanlah anda mencoba beberapa langkah di bawah ini sebagai cara untuk dapat melakukan restart pada mesin EDC. Semoga setelah mesin EDC selesai dilakukan restart, mesin sudah bisa berfungsi kembali dengan normal. Berikut ini penjelasan lengkapnya. Baca Cara Menggunakan Mesin EDC BCA Debit

Advertisements

2 Cara Restart Mesin EDC Mandiri dengan Mudah

Anda memiliki dua pilihan cara untuk dapat melakukan restart pada mesin EDC Mandiri yang anda gunakan. Khusus untuk para pemilik merchant, informasi ini sangat penting untuk anda jelaskan pada pegawai anda atau untuk anda pahami sendiri.

Jika anda menemukan mesin EDC Mandiri anda bermasalah, maka segera lakukan restart. Jika anda tidak tahu bagaimana caranya, maka berikut ini penjelasan yang bisa anda gunakan untuk segera melakukan restart pada mesin EDC yang bermasalah tanpa masalah.

Advertisements

• Cara Mematikan dan Menyalakan Kembali

Pertama, anda bisa melakukan restart dengan mematikan dan menyalakan mesin EDC kembali secara manual. Seperti pada handphone, mesin EDC bisa dilakukan restart dan juga bisa dimatikan dan dinyalakan secara manual. Jadi tahapannya berbeda dengan langsung restart ya. Anda pertama-tama harus mematikan mesinnya terlebih dahulu.

Mesin EDC Mandiri bisa mati dengan cara menekan dan menahan tombol power yang biasanya ada di sisi mesin. Jika anda tidak menemukan tombol ini di sisi mesin, biasanya bisa juga ada di atas bagian angka pada mesin. Tahan tombol tersebut hingga sekitar 3 detik hingga layar mesin EDC menunjukkan tanda mati. Baca 5 Penyebab Mesin EDC Mandiri Bermasalah Sering Eror

Setelah mesin mati, anda bisa kembali menyalakannya dengan cara menekan tombol power tersebut dan tahan selama 3 detik lagi. Setelah mematikan dan menyalakan kembali, maka artinya anda telah melakukan restart manual pada mesin EDC Mandiri tersebut.

• Cara Langsung Restart Mesin EDC

Kedua, anda juga bisa melakukan restart pada mesin EDC Mandiri dengan cara melakukan restart langsung. Cara melakukan restart langsung ini berbeda dengan restart pada langkah manual sebelumnya.

Ada langkah yang berbeda yaitu dengan beberapa urutan tahapan agar mesin EDC otomatis akan melakukan restart dengan sendirinya. Langkah tersebut adalah dengan masuk ke menu Function terlebih dahulu.

Setelah masuk ke menu Function, anda bisa masukkan angka 3 untuk memilih menu restart. Jika sudah masukkan menu 3, maka anda akan diminta memasukkan password mesin. Masukan angka “4560” jangan gunakan tanda petik. Jika sudah, maka otomatis mesin akan melakukan restart.

Jadi itulah tadi yang perlu anda ketahui terkait cara restart mesin EDC Mandiri dengan mudah. Ada dua pilihan cara yang bisa anda gunakan dan manfaatkan, tergantung mana cara yang bisa anda lakukan dan mana yang lebih mudah untuk anda pahami. Baca Mengatasi Mesin EDC Mandiri Tidak Bisa Settlement

Setelah mesin EDC Mandiri selesai melakukan restart, biasanya mesin akan berfungsi normal kembali. Jadi pastikan untuk menggunakan cara di atas dan segera dapatkan mesin EDC Mandiri anda kembali normal.

Tinggalkan Balasan