Benarkah Kredivo Penipu? Menurut Pengalaman Kami

Diposting pada

Benarkah Kredivo Penipu ??

Melakukan peminjaman dana secara digital sudah menjadi trend di kalangan masyarakat masa kini. Hal ini karena dipengaruhi juga trend belanja online serta berbagai macam transaksi lainnya berbasis internet. Kredivo menjadi salah satu pinjaman online yang cukup populer dan dipercaya. Ribuan orang sudah mendapatkan manfaat dari kredit melalui Kredivo.

Namun, ada juga isu-isu seputar penipuan yang menjerat salah satu fintech lending yang satu ini. Sering sekali masyarakat awam bertanya, benarkah Kredivo penipu? Sebelum mengambil kesimpulan, berikut ini adalah penjelasan yang dapat diuraikan.

Penipuan yang Mengatasnamakan Kredivo dan Cara Mencegahnya

Kredivo merupakan badan pinjaman online yang sudah terdaftar resmi di OJK. Pendaftaran sudah dilakukan sejak tanggal 21 Maret tahun 2018 lalu, dan memiliki nomer registrasi S-236/NB. 213/2018. Itu artinya, jika Kredivo melakukan sesuatu yang dianggap berbahaya dan merugikan, OJK bisa memblokir dengan mudah.

Namun, bagaimana dengan pengaduan orang-orang tentang penipuan di Kredivo? Penipuan tersebut dilakukan oleh oknum tertentu yang mengatasnamakan Kredivo, padahal sebenarnya mereka bukan berasal dari Kredivo. Mereka akan berpura-pura menjadi customer service profesional dan memberi penawaran tertentu kepada pengguna Kredivo. Penawaran bisa berupa kenaikan limit, pengambilan pinjaman, hingga upgrade akun.

Advertisements

Penipu tersebut kemudian akan meminta informasi penting dan privat dari Anda, seperti no. KTP, PIN, OTP, nomer ponsel Anda, nama keluarga seperti ibu kandung atau ayah kandung. Padahal, hal-hal demikian seharusnya tidak boleh diberitahukan begitu saja, meskipun pada customer service.

Advertisements

Perlu diketahui juga, bahwa layanan-layanan seperti menaikkan limit atau mengambil pinjaman, semua harus Anda lakukan sendiri, bukan melalui pihak ke tiga. Jadi jika ada customer service yang mengatasnamakan Kredivo dan membujuk Anda dengan iming-iming demikian, sebaiknya abaikan saja.

Lalu, bagaimana cara supaya terhindar dari penipuan yang membawa-bawa nama perusahaan atau badan peminjaman online yang Anda gunakan? Caranya mudah, berikut ini poin-poinnya.

Kredivo Legal Sudah Terdaftar OJK Ya

  1. Jangan pernah memberikan informasi apa pun yang berkaitan dengan akun Anda

Salah satu yang sering tidak diketahui pemakai kredit online adalah bahwa mereka tidak boleh memberikan PIN, kode OTP, atau password akun kepada siapa pun. Bukan hanya pada keluarga, teman, atau orang asing, bahkan pada customer service yang sedang berkomunikasi dengan Anda.

CS dari Kredivo yang asli pastinya akan memperingatkan Anda mengenai hal ini, tetapi jika mereka sampai meminta kode-kode tersebut, bisa dipastikan yang menelphone Anda adalah penipu.

  1. Usahakan memiliki PIN yang sulit dan berbeda dari akun lainnya

Untuk menghindari peretas, ada baiknya Anda membuat PIN yang berbeda-beda pada setiap akun, termasuk akun Kredivo.

Jangan pula memilih pin yang mudah seperti 12345 atau 54321. Hindari menggunakan kombinasi tanggal lahir, karena rentan diretas. Jika bisa, selalu ganti PIN setiap sebulan atau tiga bulan sekali.

Tinggalkan Balasan