Begini Cara Mengetahui Rekening Mandiri Aktif Atau Tidak

Diposting pada

Rekening Mandiri adalah salah satu bank yang menjadi pilihan anda menabung dengan aman dan terpercaya tanpa resiko. Sebagai bank dengan nasabah yang sangat banyak, memiliki rekening Mandiri pun dinilai sebagai keuntungan sendiri bagi setiap orang. Pasalnya, untuk memiliki rekening mandiri tidak mudah persyaratan yang harus anda lengkapi.

Ada beberapa ketentuan yang bahkan sulit untuk dimiliki beberapa orang agar dapat memiliki rekening yang satu ini. Itulah mengapa ketika anda sudah memiliki rekening Mandiri, anda tidak rela rekening itu sampai menjadi tidak aktif bukan? Lalu bagaimana jika tanpa anda ketahui, anda telah membiarkan rekening mandiri anda menjadi tidak aktif?

Kondisi seperti itu sebenarnya bukan hal yang baru lagi. Ada banyak orang yang terkejut mengetahui rekeningnya sudah tidak aktif, karena kebanyakan tidak tahu bahwa ada kondisi yang membuat rekening dapat tidak aktif dengan sendirinya.

Jika rekening anda memenuhi salah satu kondisi tersebut, maka melewati jangka waktu yang diberikan untuk mengaktifkan kembali otomatis rekening anda menjadi tidak bisa digunakan. Hal ini  juga yang menjadi ketentuan di bank mandiri. Bank mandiri menentukan bahwa rekening nasabah dapat menjadi tidak aktif, jika memenuhi satu dari beberapa hal berikut ini:

  • Saldo kosong atau kurang dari Rp20.000
  • Tidak ada transaksi yang dilakukan selama 6 bulan terakhir
  • Kartu ATM dan rekening terblokir karena aktivitas mencurigakan
  • Masalah lain yang harus diperiksa lebih lanjut oleh pihak bank

Jika rekening mandiri anda memenuhi satu saja dari beberapa kondisi di atas, maka dalam hitungan bulan yang diberikan rekening mandiri anda otomatis menjadi tidak aktif. Itulah mengapa sebaiknya anda menghindari beberapa kondisi yang dijelaskan di atas. Baca Cara Menggunakan Mandiri Mobile Android

Advertisements

Begini Cara Mengetahui Rekening Mandiri Aktif Atau Tidak

Namun memang tidak dapat dipungkiri bagi pengguna dua atau lebih rekening, memastikan semuanya tetap aktif adalah tugas yang cukup berat. Tidak hanya anda harus menyimpan uang di dua rekening yang berbeda, anda pun diharuskan secara berkala memeriksa dan menggunakannya untuk transaksi.

Advertisements

Anda bisa saja tidak menggunakannya secara rutin, asalkan anda tetap memeriksa dan memastikan rekening masih aktif dengan rutin. Nah, cara mengetahui rekening mandiri masih aktif atau tidak ini yang kebanyakan belum diketahui oleh para nasabah.

Kebanyakan nasabah hanya tahu bahwa rekening mereka masih aktif asalkan masih bisa digunakan. Hal ini tentu sangat merugikan ketika sewaktu-waktu anda mencoba menggunakan dan baru menyadari bahwa rekening sudah tidak aktif. Dalam kondisi seperti itu tentu anda sudah tidak bisa mengaktifkan kembali kartu anda. Jadi lebih baik anda secara rutin saja memeriksakan masa aktif rekening mandiri ini.

Bagaimana Cara Mengetahui Rekening Mandiri Masih Aktif atau Tidak?

Jika anda ingin mencoba sendiri mengetahui rekening masih aktif atau tidak anda bisa melakukannya, atau anda juga bisa melakukan pengecekan langsung ke bank. Kedua cara tersebut akan dibahas melalui penjelasan berikut ini. Baca Apa Syarat Ketentuan Kredit Tanpa Agunan Mandiri

Cobalah ikuti instruksi yang dijelaskan di bawah ini untuk mengetahui apakah rekening mandiri anda masih aktif atau sudah berstatus pasif bahkan non aktif.

  • Transfer ke Rekening Bank Lain

Cara yang pertama ini adalah cara yang bisa anda lakukan sendiri. Jika anda memiliki rekening bank lain, maka cobalah anda memeriksa keaktifan rekening anda dengan melakukan transfer ke rekening mandiri anda.

Jika transfer dari rekening lain yang anda punya berhasil dilakukan, maka artinya rekening mandiri anda masih aktif. Namun, jika transfer tidak berhasil dilakukan (gagal), maka artinya rekening sudah tidak aktif lagi.

  • Hubungi Kantor Cabang Bank Mandiri Terdekat

Jika anda mau langsung mendatangi bank mandiri terdekat pun menjadi cara yang lebih baik lagi. Sediakan waktu luang anda dan datangilah kantor cabang mandiri yang terdekat dengan anda. Sampaikan bahwa anda ingin memeriksa apakah rekening anda masih aktif atau tidak.

Jika masih aktif, pihak bank akan menyampaikannya dan jika tidak aktif pihak bank akan membantu anda menemukan solusinya. Baca Ketahui Masa Aktif ATM Mandiri Tanpa Saldo Update

Demikianlah tadi penjelasan mengenai cara mengetahui rekening mandiri masih aktif atau tidak. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi, jika anda ingin menggunakan kembali rekening anda tapi ragu apakah rekening masih aktif atau tidak. Ikuti penjelasan mengenai cara-caranya di bagian sebelumnya dan gunakan kembali rekening mandiri anda!

Tinggalkan Balasan