6 Penyebab Mesin EDC Mandiri Bermasalah Eror

Diposting pada

Mesin EDC atau Electronic Data Captured adalah mesin yang digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai outlet saat ini. Tidak terbatas pada pembayaran untuk pembelian makanan atau pakaian saja, ada banyak hal yang bisa dibeli dengan pembayaran menggunakan mesin ini.

Layaknya pembayaran cash, mesin EDC ini akan langsung mengambil sejumlah uang pembayaran dan memberikan barang yang anda beli untuk dibawa pulang. Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak karena adanya layanan dari mesin EDC ini. Cukup bawa kartu debit atau kredit anda, maka pembayaran apapun bisa selesai menggunakan mesin EDC ini.

Berbagai mesin EDC tersedia di kasir tempat anda akan melakukan pembelian. Biasanya mesin-mesin tersebut akan dibedakan berdasarkan bank pembayaran kartunya. Jika anda memiliki rekening Mandiri, maka anda memiliki kartu debit atau kredit Mandiri.

Saat melakukan pembayaran dengan kartu, maka biasanya transaksi anda akan dilakukan menggunakan mesin EDC Mandiri. Prosesnya mudah yaitu kartu anda akan digesekkan dan besar jumlah pembelian akan diinput ke mesin. Setelah anda memasukkan password kartu, maka bukti pembayaran akan keluar dari mesin dan pembayaran telah selesai dilakukan.

6 Penyebab Mesin EDC Mandiri Bermasalah Eror

Advertisements

Permasalahannya seringkali transaksi menggunakan mesin EDC Mandiri bermasalah atau terjadi eror. Tentu ada penyebab mesin EDC Mandiri bermasalah sering eror ini. Jika anda tidak ingin dirugikan karena mesin EDC Mandiri yang eror, maka anda harus mewaspadai apa saja jenis penyebabnya.

Berbagai penyebab mesin EDC Mandiri bermasalah sering eror ini anda harus pelajari dan semaksimal mungkin anda hindari. Apa saja penyebabnya tersebut? Silahkan simak penjelasannya pada bagian di bawah ini.

Penyebab Mesin EDC Mandiri Bermasalah Sering Eror

Waspadai masalah sering eror pada mesin EDC Mandiri. Jika eror terjadi dan menyebabkan kerugian uang anda yang ditarik menjadi beberapa kali lipat dari jumlah seharusnya, maka akan merepotkan untuk kembali mengurusnya. Baca Saat Mandiri Online Terblokir ATM Apa Juga Terblokir

Anda harus menghindari beberapa penyebab di bawah ini yang menyebabkan mesin EDC Mandiri bermasalah dan menjadi sering eror. Semoga dengan mengetahuinya, anda bisa terhindar dari resiko kerugian karena mesin EDC Mandiri yang bermasalah seperti ini.

  1. Kesalahan Input PIN

Salah satu penyebab mesin EDC Mandiri sering eror yang banyak ditemukan adalah kesalahan input PIN. Saat transaksi akan dilakukan, anda akan diminta memasukkan PIN. PIN ini adalah PIN kartu debit atau kredit anda. Biasanya PIN kartu debit adalah PIN ATM anda. Seringkali nasabah tidak tahu hal ini saat pertama kali bertransaksi dan menyebabkan transaksi eror atau tidak berhasil dilakukan.

Advertisements
  1. Kartu Rusak dan Chip Tidak Terbaca

Setiap kartu baik kartu debit atau kredit memiliki chip. Chip ini yang akan dibaca oleh mesin setiap anda melakukan transaksi pembayaran menggunakan kartu. Jika anda telah menggunakan kartu beberapa kali dalam jangka waktu yang lama, maka kartu mungkin sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Kerusakan tersebut bisa berakibat pada chip yang tidak terbaca akhirnya transaksi dengan menggunakan mesin EDC pun akan eror.

  1. Transaksi Telah Melebihi Limit

Ada juga penyebab mengapa saat anda akan melakukan transaksi pembayaran melalui mesin EDC Mandiri tetapi eror karena transaksi telah melebihi limit. Perlu diketahui bahwa transaksi setiap kartu memiliki limit. Jika kartu anda memiliki limit sebesar Rp5.000.000, maka jika sudah melakukan transaksi non tunai sebesar Rp5.000.000 otomatis transaksi selanjutnya akan gagal. Anda harus menunggu di hari berikutnya untuk kembali melakukan transaksi. Baca Cara Mudah Restart Mesin EDC Mandiri

  1. Tidak Ada Sinyal Mesin EDC Mandiri

Penyebab yang satu ini adalah penyebab yang paling diwaspadai, karena seringkali menyebabkan penarikan dua kali atau lebih. Anda membayar sesuatu menggunakan mesin EDC Mandiri tapi eror karena gangguan sinyal. Selanjutnya, pihak kasir mencoba lagi dan berhasil. Anda harus segera memeriksa mutasi rekening karena seringkali ternyata sudah dua kali dilakukan penarikan uang saat sinyal terganggu sebelumnya.

  1. Kartu Telah Kadaluarsa

Perhatikan juga bahwa penyebab mesin EDC Mandiri bermasalah sering eror saat digunakan adalah juga karena kartu yang telah kadaluarsa. Kartu anda harus diperbaharui sesuai dengan masa berlakunya.

Jika sudah melebihi waktu berlakunya, kartu tidak akan bisa digunakan untuk berbagai transaksi. Termasuk juga transaksi untuk melakukan pembayaran menggunakan mesin EDC Mandiri. Itulah sebabnya transaksi menjadi sering eror.

Jadi itulah tadi penjelasan yang bisa diberikan mengenai apa saja penyebab mesin EDC Mandiri bermasalah sering eror. Anda sudah tahu beberapa penyebab utamanya dan sebenarnya memang masih ada penyebab lainnya. baca Mengatasi Mesin EDC Bank Mandiri Tidak Bisa Settlement

Akan tetapi pastikan untuk menghindari beberapa penyebab utama di atas terlebih dahulu. Selalu pastikan pada pihak kasir bahwa pembayaran menggunakan kartu mungkin dilakukan, sehingga tidak perlu ada eror yang menyebabkan anda merugi, baik kerugian secara uang ataupun waktu karena proses pembayaran yang tidak kunjung selesai. Semoga transaksi dengan mesin EDC Mandiri yang anda lakukan terhindar dari berbagai eror seperti yang dijelaskan ya!

IKUTI KAMI DI YOUTUBE

Tinggalkan Balasan