4 Penyebab SMS Banking BRI Tidak Bisa Cek Saldo

Diposting pada

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan layanan SMS Banking? SMS Banking adalah layanan perbankan yang memungkinkan anda melakukan berbagai transaksi melalui pesan singkat di telepon genggam. Sesuai dengan namanya SMS Banking menggunakan layanan SMS (short message service) sebagai alat untuk memberikan informasi atau melakukan transaksi yang dibutuhkan nasabah.

Nasabah bisa melakukan banyak jenis transaksi dengan SMS Banking ini, kecuali tentunya menarik uang secara tunai. Namun untuk berbagai jenis transaksi lainnya, bahkan hampir sebagian besar jenis transaksi di ATM bisa dilakukan dengan SMS Banking yang ditawarkan saat ini.

Salah satu bank yang juga menawarkan nasabahnya menggunakan layanan SMS Banking adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bahkan BRI lebih mengunggulkan layanan SMS Banking daripada Internet Banking bagi para nasabahnya.

Anda bisa menggunakan banyak fungsi dari SMS Banking BRI seperti pada SMS Banking lainnya. Jadi anda tidak perlu ragu untuk memasang layanan SMS Banking ini di telepon genggam anda. Beberapa layanan yang bisa dinikmati dengan SMS Banking antara lain adalah cek saldo, transfer, cek mutasi, dan banyak lagi jenis lainnya.

Nasabah kebanyakan paling sering menggunakan SMS Banking BRI untuk cek saldo. Jika hanya ingin mengetahui apakah sudah ada uang yang masuk ke rekening anda, memang akan sangat menyita waktu jika harus menuju ATM terlebih dahulu. Itulah mengapa dengan adanya SMS Banking BRI, nasabah bisa melakukan cek saldo langsung dari lokasinya berada.

4 Penyebab SMS Banking BRI Tidak Bisa Cek Saldo

Advertisements

Akan tetapi ada beberapa kasus di mana SMS Banking BRI yang digunakan tidak bisa untuk melakukan cek saldo. Hal ini tentu ada penyebabnya. Apa penyebab SMS Banking BRI tidak cek saldo? Simak pembahasannya pada bagian berikut ini. Baca Jika SMS Banking Terblokir Apakah ATM Juga Terblokir

4 Penyebab SMS Banking BRI Tidak Bisa Cek Saldo

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, layanan dari SMS Banking BRI yang paling sering digunakan oleh nasabah adalah cek saldo. Cek saldo adalah transaksi yang dilakukan untuk mengetahui berapa saldo (jumlah uang yang tersimpan) di rekening anda.

Jika bisa melakukan cek saldo langsung dari telepon genggam, maka anda akan sangat mudah untuk mengetahui adakah uang yang anda terima atau keluar dari rekening tabungan anda tersebut. Sayangnya, masih juga ada keluhan dari layanan yang sudah sangat memudahkan ini.

Advertisements

Gangguan tersebut terjadi setidaknya karena 4 penyebab SMS Banking BRI tidak bisa cek saldo. Pernahkah anda mendengar mengenai 4 penyebab tersebut sebelumnya? Jika anda belum pernah mengetahuinya, maka silahkan simak penjelasannya pada bagian di bawah ini. Baca Kenapa Transaksi SMS Bangking BRI Gagal Terus

  1. Gangguan pada Server SMS

Penyebab SMS Banking BRI tidak bisa cek saldo yang pertama adalah karena adanya gangguan pada server SMS. Tahukah anda apa server penerima layanan SMS Banking BRI? Server tersebut adalah nomor yang anda kirimkan SMS, yaitu 3300. Jika BRI mengalami masalah pada gangguan server ini, maka otomatis anda pun tidak bisa melakukan cek saldo.

  1. Nomor Belum Terdaftar

Ada juga penyebab yang tergolong sangat sederhana mengapa akhirnya anda tidak berhasil untuk melakukan cek saldo. Penyebab tersebut adalah karena nomor anda belum terdaftar. Anggaplah anda sudah mendaftar layanan SMS Banking BRI di customer service.

Namun selanjutnya, anda perlu melakukan verifikasi nomor di ATM. Tahapan ini yang sering dilupakan sehingga berakibat cek saldo gagal dilakukan.

  1. Kesalahan Kode Transaksi Cek Saldo

Untuk dapat melakukan cek saldo dengan SMS Banking, anda perlu mengirimkan kode transaksi berupa SALDO (spasi) PIN. Kirimkan kode transaksi tersebut ke 3300. Jadi ketika SMS Banking BRI anda tidak bisa cek saldo, maka anda bisa memeriksa kode transaksinya. Apakah sudah benar kode transaksinya? Jika sudah benar, maka masalah mungkin ada di penyebab  lainnya.

  1. Masalah pada Jaringan Provider Nomor Anda

Terkadang anda pun bisa mengalami masalah saat melakukan transaksi SMS Banking karena jaringa provider. Jaringan yang terganggu menyebabkan bahkan sebuah SMS pun tidak bisa masuk. Jadi pastikan untuk memeriksa apakah ada masalah dengan provider anda. Baca Kenapa Notifikasi BRI Tidak Masuk Saat Ada Transaksi

Jadi itulah tadi penjelasan lengkap mengenai apa saja 4 penyebab SMS Banking BRI tidak bisa cek saldo. Ternyata cukup banyak hal yang bisa membuat anda tidak bisa melakukan cek saldo dengan SMS Banking BRI.

Jadi pastikan untuk mengatasi keempat penyebab tersebut, sehingga anda bisa menggunakan fungsi SMS Banking kembali nantinya. Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat!

Tinggalkan Balasan